Cara Mengatasi Pengangguran Friksional dan Struktural

Cara Mengatasi Pengangguran Friksional dan Struktural

Cara Mengatasi Pengangguran Friksional dan Struktural – Selama ini masalah pengangguran menjadi problematika yang ada di hampir setiap negara. Menurut Wikipedia, pengangguran atau tuna karya adalah orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari pekerjaan, bekerja kurang dari 2 hari selama 1 minggu atau orang yang masih terus berusaha mencari pekerjaan yang layak.

Dalam ilmu ekonomi, ada beberapa hal yang menjadi penyebab pengangguran secara umum. Ada pula jenis jenis pengangguran yang bisa dilihat berdasarkan jumlah jam kerja, berdasarkan penyebabnya dan juga dilihat berdasarkan ciri-cirinya. Untuk pembahasan lengkapnya, silahkan kunjungi link di bawah ini :

Jenis Jenis Pengangguran dan Contoh Lengkapnya

Cara Mengatasi Pengangguran Friksional dan Struktural

Bagaiman Cara Mengatasi Pengangguran Friksional dan Struktural?

Dalam artikel kali ini, sosioekonomi.com akan mengulas secara lengkap Cara Mengatasi Pengangguran Friksional dan Struktural yang merupakan salah satu jenis pengangguran paling banyak di Indonesia beberapa tahun ke belakang. Sekarang, mari kita lihat bagaimana cara mengatasi pengangguran struktural, terbuka, teknologi dan juga friksional.

  1. Cara Mengatasi Pengangguran Siklikal atau Konjungtural

Pengangguran konjungtural, atau yang biasa disebut siklikal merupakan jenis pengangguran yang disebabkan karena ketidakstabilan ekonomi suatu negara yang terjadi karena daya beli masyarakat mengalami penurunan sehingga kebutuhan akan jasa dan barang pun ikut menurun. Adapun beberapa cara mengatasi pengangguran konjungtural sebagai berikut:

  1. Memperbanyak proyek yang dapat mendorong daya beli masyarakat. Pemerintah bisa mulai merancang proyek yang akan memberikan dampak secara langsung pada masyarakat.
  2. Dengan meningkatkat ekonomi masyarakat, maka permintaan akan jasa dan barang pun meningkat karena masyarakat mampu memenuhi kebutuhannya.
  3. Merancang strategi promosi yang baik sehingga masyarakat tertarik untuk mengkonsumsi barang dan jasa yang dipasarkan.

Demikian  3 cara mengatasi pengangguran konjungtural (siklikal) yang bisa dilakukan oleh pemerintah dalam mengatasi pengangguran dan kemiskinan.

  1. Cara Mengatasi Pengangguran Struktural

Faktor terjadinya pengangguran struktural adalah adanya perubahan struktur ekonomi suatu negara. Misalnya, dari negara agraris ke negara industry, seperti apa yang pernah terjadi di Inggris. Untuk mengatasi pengangguran struktural, pemerintah bisa melakukan cara-cara berikut ini.

  1. Menjalankan program transmigrasi agar pengangguran bisa berada di tempat yang tepat. Tempat dimana mereka bisa menggunakan keterampilannya untuk bekerja.
  2. Mengadakan pelatihan agar pengangguran tersebut memiliki keterampilan yang dapat digunakan di jenis pekerjaan yang tersedia.
  3. Membangun proyek padat karya yang sesuai dengan keterampilan masyarakat.
  4. Memberikan sosialisasi agar masyarakat paham bahwa menguasai teknologi merupakan kebutuhan pokok dalam bersaing di dunia kerja modern.

Demikian 4 cara mengatasi pengangguran struktural yang bisa dilakukan oleh suatu negara. Jika masyarakat dapat beradaptasi dengan struktur ekonomi baru negara tersebut, maka masalah pengangguran struktural dapat segera diatasi.

  1. Cara Mengatasi Pengangguran Friksional

Ada beberapa upaya pemerintah mengatasi pengangguran friksional dengan cara berikut:

  1. Melakukan perombakan regulasi dan birokrasi untuk menumbuhkan investasi yang diperlukan untuk membangun industri baru yang lebih baik.
  2. Membuka lapangan kerja baru yang dapat menyerap banyak pencari kerja.
  3. Membantu usaha kecil menengah (UKM) dan beberapa sektor industri informal, industri kreatif dan usaha rumahan kecil lain.
  4. Menjalankan kembali program transmigrasi agar beberapa sektor industri lama (seperti pertanian) masih bisa dikembangkan.

Demikian beberapa cara untuk mengatasi pengangguran friksional yang bisa dilakukan oleh pemerintah kita.

  1. Cara Mengatasi Pengangguran Teknologi

Pengangguran teknologi terjadi karena ketidakmampuan seseorang dalam mengoperasikan teknologi modern. Untuk mengatasinya, bisa dilakukan beberapa langkah di bawah ini:

  1. Memberikan pelatihan khusus untuk mengasah keterampilan yang dibutuhkan di dunia modern.
  2. Memberikan pengarahan pentingnya menguasai teknologi modern
  3. Membuka pusat pelatihan kerja untuk membantu transisi dari pekerjaan tradisional ke pekerjaan modern atau yang menggunakan mesin dan alat canggih.

Demikian cara dan upaya pemerintah yang bisa dilakukan untuk mengatasi pengangguran teknologi.

  1. Cara Mengatasi Pengangguran Terbuka

Pengangguran terbuka biasanya dialami oleh mereka yang berusia 20 tahunan atau baru saja lulus SMA atau lulus Kuliah. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan pemerintah:

  1. Membekali siswa dengan ketrampilan khusus untuk menghadapi dunia kerja
  2. Meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia
  3. Membuka lowongan kerja padat karya

Pada dasarnya, tidak ada cara khusus untuk mengatasi pengangguran terbuka.

  1. Cara Mengatasi Pengangguran Voluntary atau Sukarela

Cara mengatasi pengangguran voluntary adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan sosialisasi pentingnya investasi
  2. Mendorong masyarakat untuk melakukan investasi
  1. Cara Mengatasi Pengangguran Musiman

Pengangguran musiman terjadi karena masyarakat tidak bisa produktif di musim tertentu. Cara mengatasinya adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan keterampilan khusus agar dapat memperoleh penghasilan tambahan saat musim menganggur tiba.
  2. Mendukung usaha kecil menengah
  3. Memberikan bantuan modal dengan bunga kecil untuk usaha kecil

Biasanya pengangguran musiman dialami oleh mereka yang bekerja di bidang pertanian. Oleh karena itu, membekali masyarakat dengan ilmu baru merupakan solusi untuk mengatasi pengangguran musiman.

  1. Cara Mengatasi Pengangguran Tersembunyi atau Terselubung

Upaya yang bisa dilakukan pemerintah untuk mengatasi pengangguran terembunyi atau terselubung bisa dilakukan dengan membuka lapangan kerja baru di sektor informal.

**

Kali ini, bukan hanya Cara Mengatasi Pengangguran Friksional dan Struktural saja, tetapi kita juga belajar bagaimana cara mengatasi jenis pengangguran lain, seperti konjungtural, pengangguran teknologi, dan pengangguran sukarela atau voluntary. Untuk melihat bagaimana cara mengatasi pengangguran secara umum, silahkan buka link di bawah ini:

Dampak dan Cara Mengatasi Pengangguran

Incoming search terms:

  • cara mengatasi pengangguran teknologi
  • cara mengatasi pengangguran musiman
  • cara mengatasi pengangguran friksional
  • cara mengatasi pengangguran konjungtural
  • cara mengatasi pengangguran
  • cara mengatasi pengangguran struktural
  • pengangguran friksional
  • pengangguran struktural
  • cara mengatasi pengangguran konjungtur
  • bagaimana cara mengatasi pengangguran musiman
error: Content is protected !!