Hasil Sidang BPUPKI Pertama dan Kedua

Hasil Sidang BPUPKI Pertama dan Kedua

Hasil Sidang BPUPKI – Pertama berisi tentang perumusan dasar-dasar negara kita, wilayah negara dan juga pembukaan Undang Undang Dasar. Dalam sidang BPUPKI yang pertama, hadir pula 3 tokoh pergerakan nasional paling berpengaruh di Indonesia pada saat itu, yakni Supomo, Muhammand Yamin dan juga founding father Indonesia, Insinyur Soekarno; anggota BPUPKI ada 62 orang dan KRT Radjiman Widyodiningrat sebagai ketua BPUPKI. Dalam sidang BPUPKI yang pertama inilah muncul istilah NKRI, yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merupakan bentuk negara yang kita pakai sampai sekarang.

Sidang pertama BPUPKI tanggal 29 Mei 1945 sampai tanggal 1 Juni 1945 juga membahas tentang pembukaan Undang Undang Dasar Negara Indonesia, yang merupakan salah satu falsafah dasar negara kita. Beberapa tokoh utama yang hadir seperti Soekarno, Supomo dan juga Muhammad Yamin mengungkapkan dasar negara yang akan dipakai oleh NKRI. Hasil sidang BPUPKI secara singkat bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

Dari gambar tersebut bisa kita lihat bahwa poin-poin yang diungkapkan oleh para cendekiawan merupakan cikal bakal lahirnya ideologi negara Indonesia, yakni Pancasila. Insinyur Sukarno, dr. Supomo dan juga Muhammad Yamin memiliki peran penting dalam perumusan ideologi Indonesia.

Sidang BPUPKI pertama pun berhasil dilakukan dan pada waktu itu, akan diadakan sidang lanjutan yang akan memperjelas persiapan Indonesia sebelum mendeklarasikan diri menjadi sebuah negara yang merdeka. Namun pada masa jeda antara sidang BPUPKI 1 dan sidang BPUPKI 2, ada masa jeda yang digunakan untuk membentuk sebuah panitia kecil. Lalu, apa sajakah yang dibahas dalam sidang panitia kecil BPUPKI?

Dalam masa sidang pertama dan kedua, juga dibentuk sebuah panitia kecil bernama Panitia Sembilan. Tugas dari Panitia Sembilan adalah memperjelas apa yang sudah dibahas sebagai hasil sidang BPUPKI yang pertama. Susunan Panitia Sembilan adalah sebagai berikut:

  1. Soekarno sebagai Ketua
  2. Hatta sebagai Wakil Ketua
  3. Raden Ahmad Subarjo Joyoadisuryo sebagai Anggota
  4. Yamin sebagai Anggota
  5. Agus Salim sebagai Anggota
  6. Abdul Hasim sebagai Anggota
  7. Andreas Maramis sebagai Anggota
  8. Abdul Kahar Muzakir sebagai Anggota
  9. Abikusno Cokrosujoso sebagai Anggota

Panitia Sembilan ini menghasilkan dasar negara Republik Indonesia, yakni Pancasila – setelah melakukan perumusan yang panjang. Hasil dari panitia kecil kemudian diserahkan pada panitia BPUPKI. Hasil ini juga disebut dengan Piagam Jakarta atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Jakarta Charter.

Dalam masa sidang pertama dan kedua, ada pula beberapa sidang tak resmi yang dilakukan dan dipimpin langsung oleh insinyur Soekarno. Akhirnya, awal Juli 1945, hasil sidang pertama BPUPKI dibawa ke persidangan resmi yang kedua.

Hasil Sidang BPUPKI Kedua

Belajar tentang persiapak kemerdekaan Indonesia harus secara lengkap agar siswa memahami setiap hal penting yang terjadi. Hasil sidang BPUPKI kedua tanggal 10-17 juli 1945 berupa beberapa hal penting. Berikut beberapa hal penting yang dibahas pada sidang BPUPKI yang kedua:

  • Membahas wilayah Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau yang terbentang dari barat ke timur
  • Membahas tentang kewarganegaraan Indonesia
  • Membahas tentang UUD 1945
  • Dan beberapa hal penting yang berkaitan tentang kesejahteraan masyarakat Indonesia, seperti perekonomian negara, keuangan negara, keamanan (bela negara), dan juga pendidikan

Dalam sidang BPUPKI 2 juga dibentuk beberapa panitia kecil yang diprakarsai oleh 3 orang yang menjadi ujung tombak pergerakan negara Indonesia. Di panitia kecil ini, Insinyur Soekarno menjabat sebagai ketua yang membahas tentang Rancangan Undang Undang Dasar. Di panitia lain, tepatnya pada Panitia Pembelaan Tanah Air digagas oleh R. Abikusno Tjokrosoejoso. Dan M. Hatta, yang merupakan wakit presiden Indonesia yang pertama menjadi ketua Panitia Ekonomi dan Keuangan.

Pembahasan Sidang Tanggal 13 Juli 1945 diprakarsai oleh Bung Karno yang membahas tentang isi atau batang tubuh UUD 45. Sedangkan pada pembahasan sidang tanggal 14 Juli 1945, sidang dilanjutkan dengan pembacaan isi rancangan undang undang. Di dalam hasil rapat tersebut pun diputuskan bahwa:

  • Menyatakan Kemerdekaan Indonesia
  • Pembukaan Undang Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Batang Tubuh UUD 1945

Dalam batang tubuh UUD 45 pun dijelaskan secara lengkap beberapa hal yang sangat terperinci, seperti;

a) Wilayah mana saja yang termasuk dalam NKRI

b) bentuk negara kita adalah NKRI

c) Indonesia menganut sistem pemerintah Republik

d) Warna bendera resmi Indonesia adalah Merah-Putih

e) Bahasa resmi yang digunakan adalah Bahasa Indonesia

Setelah melakukan 2 kali sidang, selanjutna tentang kapan BPUPKI dibubarkan, yakni pada tanggal 7 Agustus 1945. Namun perjuangan para tokoh kemerdekaan Indonesia tidak berhenti disini. Setelah BPUPKI bubar, muncul panitia baru yang bernama Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau PPKI dalam bahasa jepang disebut sebagai Dokuritsu Jubi Inkai yang kembali diketuai oleh Bung Karno.

Hasil sidang PPKI akan dibahas di artikel selanjutnya. Sekian informasi dari sosioekonomi.com mengenai hasil sidang BPUPKI dalam bahasa Jepang juga dikenal sebagai Dokuritsu Junbii Chosakai. Demikian informasi lengkap tentang hasil sidang BPUPKI dan PPKI yang akan dibahas di artikel selanjutnya.

Incoming search terms:

  • hasil sidang bpupki
  • sidang bpupki
  • hasil sidang bpupki 1
  • hasil sidang bpupki 1 dan 2
  • https://sosioekonomi com/hasil-sidang-bpupki-pertama-dan-kedua/
  • hasil sidang bpupki 2
  • hasil sidang bpupki kedua tanggal 10-17 juli 1945
  • hasil sidang
  • hasil bpupki
  • hasil sidang bpupki pertama dan kedua
error: Content is protected !!