Prospek dan Peluang Kerja Jurusan Sosiologi

Prospek dan Peluang Kerja Jurusan Sosiologi

Setelah lulus SMA akan mengambil jurusan apa? Ini banyak menjadi kendala pada setiap siswa tahun terakhir SMA yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Berbagai jenis jurusan yang terkonsentrasi pada satu cabang ilmu membuat banyak siswa bingung dimanakah jati diri mereka yang sebenarnya?

Tentunya hal ini bisa diketahui dari kesukaan dan potensi yang ada pada diri sendiri. Pengenalan diri dengan lebih baik dengan konsultasi dapat menjadi salah satu cara yang pas dalam menentukan pilihan. Pada dasarnya, semua jurusan memiliki peluang kerjanya masing-masing yang akan membawa seseorang menuju kesuksesan. Banyak pula hal-hal yang memengaruhi kesuksesan seseorang dalam bidang yang digeluti.

Salah satu jurusan yang cukup terkenal di kalangan siswa, terutama jurusan IPS adalah Jurusan Sosiologi. Sebagaimana ilmunya, Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang masyarakat, baik interaksi, perubahan, maupun fenomena di dalamnya. Sosiologi merupakan cabang ilmu sosial yang menarik untuk dikaji. Sosiologi menjelaskan mengapa manusia sebagai unit dalam masyarakat bersikap dan mengakibatkan fenomena sosial dari sikap tersebut.

Pic Source: pixabay.com

Ilmu Sosiologi juga berguna dalam melakukan kajian mengenai masalah sosial yang terjadi di masyarakat sehingga dapat ditemukan benang merah suatu permasalah. Benang merah tersebut akan membantu sosiolog dan pemerintah dalam menentukan kebijakan yang sesuai dengan keadaan masyarakat.

Prospek Kerja Jurusan Sosiologi

Sebenarnya Jurusan Sosiologi memiliki pekerjaan khusus yaitu Sosiolog. Namun banyak karir yang memungkinkan lulusan Sosiologi untuk mendudukinya. Peluang kerja lulusan ini cukup bagus. Bagi Anda yang kerap bertanya “lulusan jurusan Sosiologi kerja jadi apa?”, berikut ini adalah beberapa jenis pekerjaan untuk lulusan jurusan Sosiologi, yaitu :

1) Biasanya para lulusan Sosiologi sangat cocok bekerja dalam bidang yang membutuhkan interaksi dengan orang lain seperti :

  • Marketing, atau biasa dikenal dengan pemasaran. Bidang ini dapat dikuasai oleh sosiolog yang mengambil konsentrasi Sosiologi Ekonomi. Dengan kemampuan berinteraksi yang baik dan dasar-dasar Ilmu Ekonomi yang memadai, peluang karir ini cukup bagus dicapai.
  • Relasi publik, atau humas yang banyak berinteraksi dengan masyarakat luar. Kemampuan sosial yang mumpuni juga menjadi modal untuk karir satu ini.
  • Human Resources Development atau personalia yang mengurusi kepegawaian seperti rekruitmen, kualitas kerja karyawan, pembayaran gaji karyawan, dan lain-lain. Sosiologi yang mempelajari manusia sebagai makhluk individu sehingga bagian personalia adalah karir yang cocok untuk Sosiolog.
  • Advice worker, memberikan saran dan informasi mengenai suatu permasalahan. Ia bertindak sebagai pihak yang memberikan nasihat. Pekerjaan ini dibutuhkan oleh komunitas-komunitas sosial, pengadilan, penjara, dan pusat informasi khusus lainnya.
  • Konselor, adalah pekerjaan yang tidak jauh berbeda dengan Psikologi. Bidang ini sama-sama membantu orang mengenal dirinya sendiri dan mendengarkan keluh kesah klien agar timbulnya suatu pemahaman baru dari klien.

2) Selain itu lulusan Sosiologi adalah pekerja sosial yang handal. Sesuai dengan ilmu yang mereka pelajari, seorang Sosiolog dituntut untuk peka terhadap permasalahan sosial yang ada di masyarakat. Melalui penelitian lebih jauh, akan ditemukan solusi masalah tersebut.

3) Mereka juga dapat menduduki jabatan sebagai PNS yang banyak dibutuhkan oleh berbagai instansi pemerintah di bidang sosial dan masyarakat seperti Bappenas/ Bappeda, Departemen Sosial, Departemen Pendidikan Nasional, dan sebagainya yang sering membuka lowongan untuk lulusan jurusan sosiologi.

4) Guru/dosen juga dapat menjadi alternatif pilihan bagi lulusan ini. Ada pula peneliti sosial yang merencanakan dan mengelola proyek-poyek dalam masyarakat. Mereka mengatur, mengumpulkan, dan menganalisa data yang diinginkan oleh klien. Ilmu yang membahas mengenai manusia membuat mereka akan selalu bekerja untuk melakukan interaksi mendalam dengan orang lain.

Cukup banyak bukan peluang kerja jurusan Sosiologi yang bisa diambil. Ini karena manusia sebagai makhluk sosial selalu berinteraksi dengan orang lain. Jenis hubungannya pun ada yang merugikan dan menguntungkan. Hal ini akan menimbulkan masalah sosial yang bila tidak di atasi akan menimbulkan kerusakan tatanan yang ada pada masyarakat.

Baca juga: Fakultas dan Jurusan di UI 2017 Lengkap

Ada beberapa sikap mental yang harus dimiliki untuk menunjang keberhasilan karir pada lulusan Sosiologi, yaitu kemampuan dalam mengatur diri sendiri dan orang lain. Kemampuan berkomunikasi, dan kemampuan berbaur dengan masyarakat. Ini adalah modal dasar dalam pengembangan diri agar terjalinnya kelancaran hubungan antara Sosiolog dengan objeknya.

Jurusan Sosiologi sangat cocok bagi Kamu yang senang mempelajari fenomena-fenomena sosial yang ada di masyarakat. Ketertarikan dalam mempelajari manusia sebagai makhluk individu dan sosial juga membuktikan bahwa jurusan ini adalah jurusan yang tepat. Ilmu-ilmu dalam Sosiologi di bangku perkuliahan akan membawa Kamu menemukan berbagai alasan mengapa sesuatu bisa terjadi dalam masyarakat.

Sebagaimana Psikologi yang mempelajari manusia, Sosiologi memiliki objek masyarakat yang terhimpun dari berbagai manusia. Meski pun objeknya masyarakat, Sosiologi juga mempelajari perilaku manusia. Analisis yang kuat merupakan modal yang bagus dalam proses perkuliahan Sosiologi.

Incoming search terms:

  • prospek kerja sosiologi
  • jurusan sosiologi
  • prospek kerja jurusan sosiologi
  • prospek kerja pendidikan sosiologi
  • prospek sosiologi
  • prospek kerja lulusan sosiologi
  • pekerjaan jurusan sosiologi
  • lulusan sosiologi jadi apa
  • pekerjaan lulusan sosiologi
  • kuliah jurusan sosiologi kerja apa
error: Content is protected !!