Pengertian Ekonomi Makro dan Contoh Masalah

Pengertian Ekonomi Makro dan Contoh Masalah

Secara garis besar, pengertian ekonomi makro adalah bagian ilmu ekonomi yang melihat fenomena sistem ekonomi dalam skala besar, seperti pengangguran, inflasi dan juga pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Beberapa ahli juga menyebutkan tentang pengertian ekonomi makro dan diartikan sebagai suatu bidang ilmu ekonomi yang menganalisa tentang hal-hal yang mempengaruhi ekonomi dalam ruang lingkup yang luas. Jika kita berbicara mengenai ekonomi makro, maka kita mempelajari sistem ekonomi suatu negara secara menyeuruh. Melihat beberapa hal yang mempengaruhi perekonomian negara tersebut, seperti inflasi, tingkat pendapatan nasional, besaran investasi dalam negara tersebut, uang yang beredar di masyarakat, dan bahkan menganalisa tentang kesempatan kerja untuk melihat tingkat pertumbuhan ekonomi dalam skala nasional.

Jadi, definisi teori ekonomi makro adalah ilmu yang mempelajari bagaimana sebuah perekonomian dalam skala nasional bekerja tanpa melihat aktivitas ekonomi di skala yang lebih kecil.

gambar pengertian ekonomi makro

Tujuan ilmu ekonomi makro adalah untuk melihat peristiwa apa saja yang terjadi dalam sistem ekonomi di lingkup yang lebih besar dan menganalisis masalah apa saja yang muncul dalam suatu negara. Dengan demikian, kita dapat merancang strategi untuk memperbaiki sistem ekonomi melalui kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Ekonomi makro juga disebut dengan makro ekonomi, dimana ada konsep dasar yang saling mempengaruhi dan terhubung satu sama lain.

Pengertian Ekonomi Makro dan Ruang Lingkup

Untuk memahami lebih detail tentang apa itu ekonomi makro, maka kita harus melihat kajian dan juga ruang lingkup yang akan dibahas pada ilmu ekonomi makro. Berikut kajian lengkap mengenai ruang lingkup ekonomi makro dan juga masalah yang sering muncul.

Pengeluaran dan Pendapatan Nasional

Negara memiliki sistem ekonomi sendiri, dimana nilai produksi suatu negara merupakan akumulasi dari jumlah nilai dalam periode tertentu (biasanya 1 tahun). Semua barang dan jasa yang dijual oleh negara tersebut mengashilkan untuk yang disebut sebagai Pendapatan Negara. Dalam ilmu ekonomi makro, pengeluaran negara dikenal dengan istilah PDB atau Produk Domestik Bruto.

Pengangguran

Angka pengangguran merupakan prosentasi jumlah orang yang tidak memiliki pekerjaan dalam sebuah angkatan kerja. Mengapa pengangguran dapat mempengaruhi perekonomian suatu negara? Penjelasan singkatnya, jika banyak pengangguran maka negara harus mengeluarkan anggaran tambahan sebagai jaminan sosial, kesehatan, dan pendidikan. Dan jika tingkat pengangguran rendah, maka masyarakat memiliki pendapatan yang layak dan memiliki daya beli yang kuat. Dampaknya, produksi dan konsumsi barang/jasa seimbang.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai berbagai jenis pengangguran dan cara mengatasinya, silahkan buka link berikut ini:

Baca Juga

Jenis Jenis Pengangguran dan Contoh Lengkapnya

Dampak dan Cara Mengatasi Pengangguran

Cara Mengatasi Pengangguran Friksional dan Struktural

Inflasi dan Deflasi

Konsep dasar makro ekonomi yang harus diketahui adalah Inflasi dan juga Deflasi. Inflasi merupakan suatu kondisi dimana harga barang naik yang dikarenakan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi perubahan nilai harga barang/jasa dan nilai uang tetap. Sedangkan Deflasi merupakan kebalikan dari Inflasi. Deflasi adalah penurunan nilai suatu barang atau jasa sehingga membuat nilai uang bertambah.

Ada pun beberapa kebijakan yang dikeluarkan pemerintah untuk mengatasi inflasi dan deflasi. Setelah mengetahui pengertian ekonomi makro, sekarang kita akan mempelajari lebih jauh tentang cabang ilmu ekonomi ini dan mengenal masalah ekonomi makro dan contoh dalam kehidupan nyata.

Masalah Utama pada Ekonomi Makro

Masalah utama dari makro ekonomi yang sering dialami oleh negara di dunia ini adalah inflasi. Adanya krisis nilai tukar dan mata uang juga menjadi salah satu pemicu masalah ekonomi makro. Masalah inflasi dan nilai tukar mata uang saling berhubungan erat. Mata uang suatu negara bisa saja terjun bebas atau meningkat, tergantung dari perubahan harga umum dan juga daya beli masyarakat.

Masalah lain pada ekonomi makro adalah adanya kemiskinan dan juga pengangguran. Dua masalah ini pun bukan sekedar masalah ekonomi bagi suatu negara, tetapi sudah menjalar menjadi masalah sosial. Pengangguran dan kemiskinan pun menjadi masalah sosial yang mempengaruhi perekonomian suatu negara karena masalah ini menjangkit ke berbagai aspek lain.

Kemiskinan dan pengangguran membuat daya beli masyarakat menurun, hasilnya dapat mempengaruhi sistem perbangkan dan membuat tingkat kredit macet tinggi. Akhirnya, imbas terbesar pun dirasakan secara global oleh suatu negara. Tidak heran jika dalam mengatasi masalah yang sering muncul dalam ekonomi makro, negara mengeluarkan beberapa kebijakan dengan tujuan untuk menanggulangi semua masalah tersebut.

Cara Mengatasi Masalah Ekonomi Makro

Ada 3 kebijakan utama yang sering dikeluarkan pemerintah sebagai kartu truf untuk mengatasi masalah ekonomi di skala nasional.

  • Kebijakan Moneter

Yang dimaksud dengan kebijakan moneter adalah sebuah kebijakan pemerintah yang dilakukan untuk mengatur beredarnya jumlah uang di masyarakat melalui Bank Sentral untuk mengontrol ekonomi suatu negara.

  • Kebijakan Fiskal

Yang dimaksud dengan kebijakan fiskal adalah sebuah kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah dengan merubah pendapatan dan juga penerimaan untuk mengatur pembangunan di negara tersebut.

  • Kebijakan Penawaran

Tujuan kebijakan ini adalah meningkatkan efisiensi perusahaan dalam proses produksi, yakni dengan memberikan produk dengan harga murah dengan kualitas yang bagus. Dengan demikian, perusahaan tersebut akan menghasilkan barang yang laku di masyarakat.

Demikian beberapa hal yang dilakukan oleh negara dalam menanggulangi masalah dalam ekonomi makro. Dalam artikel ini, kita telah membahas semua hal yang berkaitan dengan ekonomi makro secara umum seperti pengertian ekonomi makro, contoh masalah ekonomi makro dan hal lain yang berkaitan. Semoga artikel pada sosioekonomi.com dapat bermanfaat untuk anda.

Incoming search terms:

  • contoh kasus ekonomi makro
  • contoh masalah ekonomi makro
  • contoh fenomena ekonomi makro
  • contoh masalah ekonomi makro dan cara mengatasinya
  • contoh ekonomi makro di indonesia
  • contoh kasus kebijakan ekonomi makro
  • contoh kasus ekonomi teori
  • teori ekonomi makro dan berserta contoh nya
  • contoh fenomena ekonomi secara makro
  • contoh ekonomi makro
error: Content is protected !!